Cari Loker

Job Deskripsi dan Syarat Menjadi Teller Bank

Job Deskripsi dan Syarat Menjadi Teller Bank


Dalam sebuah Bank mungkin ada yang mengistilahkan Teller dengan sebutan Customer Care atau mungkin Customer Service aka CS, boleh saja di samakan karena pada dasarnya seorang Teller juga sebenarnya customer based dengan tugas umum yaitu melayani customer(nasabah). Untuk istilah lain mungkin hanya berbeda nama saja karena biasanya di sesuaikan dengan perusahaan bidang apa, untuk kasus penamaan posisi selain Teller cenderung menggunakan alternatif Customer Care, Customer Service, Staff Officer, Receptionist dan atau Front Office (tergantung jenis perusahaan jasa itu sendiri).

Suka duka seorang Teller tentunya juga beragam namun hal ini juga di pengaruhi oleh banyak hal karena seorang pegawai mempunyai watak dan sifat yang berbeda pula, seorang Teller yang baik disarankan memiliki syarat utama versi jobdesc berikut :

Syarat Menjadi Teller Bank

1. Ramah dan Sopan

Ini paketan yak, soalnya merupakan hal dasar yang harus di terapkan kepada semua teller bank, tapi alangkah baik jika semua pegawai itu ramah kepada semuanya karena dengan ramah pembawaan orang yang berinteraksi dengan kita akan merasa di hargai dan ini akan memicu orang tersebut untuk ramah juga kepada kita.

2. Sabar dan Teliti

Sabar, adalah sabar ketika dalam tekanan pekerjaan yang diluar emosinya karena harus kita ketahui mood dalam bekerja bisa berubah drastis jika ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman.

Teliti, nah yang ini tidak perlu kita bahas detil karena teliti sangatlah point penting bagi seorang officer terlebih seorang teller yang setiap harinya bekerja berkutat dengan angka dan uang, jika anda melakukan kesalahan sedikit saja berarti anda akan menggantinya.

3. Good Looking

Susah di jelaskan karena good looking itu relatif, yang jelas anda harus terlihat menarik di mata orang lain dan anda akan di tuntun tampil sempurna baik dari sisi fisik, pakaian, dan kelakuan anda. Berpenampilan menarik tak harus cantik atau ganteng tapi sesuaikan penampilan anda dengan apa yang ada di sekitar anda, utamakan berdandan rapi.

Ingat, jangan terlalu memaksakan diri tampil sempurna tapi cobalah berdandan semaksimal mungkin dan jika fisik anda kurang mendukung harus di akali dengan soft skill yang anda punya.

4. Komunikasi
 
Sebagai orang yang nantinya akan bertemu dengan banyak nasabah anda di wajibkan menyapa dan tersenyum dalam kondisi apapun agar nasabah anda tidak kabur dan tentunya merasa nyaman.

Bagi anda yang merasa masih kesulitan berbicara dengan orang lain belajarlah public speaking sendiri dengan cara melatih berbicara dengan cermin setiap pagi setelah bangun tidur, pagi hari sangat tepat untuk melatih speaking anda.

Nah diatas adalah syarat utama menjadi Teller Bank, sedangkan untuk job desk seorang teller atau tugas Teller bank silakan simak informasi di bawah ini :

Job Desk Seorang Teller
  1. Menyelesaikan transaksi penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening nasabah, meliputi :tabungan, pengiriman/transfer, pencairan dana/giro/cek.
  2. Melakukan rekap termasuk di antaranya setoran kliring, inkaso, pemindahbukuan.
  3. Melayani penjualan dan pembelian valuta asing dari dan oleh nasabah.
  4. Memastikan pencapaian target bulanan Teller(pendapatan uang masuk, tiap bank berbeda2).
  5. Menjaga hubungan baik dengan nasabah termasuk perilaku baik terhadap semua nasabah.
  6. Mendapatkan/mengakuisisi nasabah baru.
  7. Memberikan saran produk yang tepat kepada nasabah.
  8. Setelah rekap harian beres pastikan semua perlatan meja kerja anda bersih dan lengkap,biasakan melakukan pengecekan ini sebelum dan sesudah bekerja.
Diatas merupakan syarat dan job deskripsi seorang Teller Bank yang dapat kami sajikan untuk anda sekalian sebagai referensi jika suatu saat nanti anda ingin bekerja sebagai Teller di Bank. Terimakasih telah membaca Job Deskripsi dan Syarat Menjadi Teller Bank.
0 Komentar untuk "Job Deskripsi dan Syarat Menjadi Teller Bank"

Back To Top